Peluang Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

Mengintip Peluang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Setelah kegagalan Timnas U-23 pada Piala Asia U-23 dan juga play-off Olimpiade kemarin, kini Indonesia kembali fokus pada Timnas senior. Saat ini Timnas Senior kembali fokus menjalani pada kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Timnas Indonesia tergabung di grup F bersama, Irak, Vietnam, dan Filipina. Mari kita simak ulasan dari INTERBOLABET mengenai peluang Indonesia kali ini.

Antara Optimis dan Realistis

Dengan format baru yang ada kali ini yang berbeda dengan tahun 2022 sebelumnya. Jumlah peserta Piala Dunia 2026 ditambah menjadi 48, dari sebelumnya yang hanya 32 negara. Dan dengan bertambahnya jumlah peserta Piala Dunia, ini secara otomatis memberikan dampak positif untuk negara-negara di bawah naungan AFC. Dengan format baru yang ada, Indonesia memiliki peluang untuk bisa tampil di pesta sepak bola terbesar di dunia ini.

Pelatih Shin Tae-yong berpendapat kalau ia tidak ingin bermimpi terlalu jauh soal peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026. Walaupun jatah negara Asia bertambah, namun sang pelatih masih berusaha realistis diantara optimis saat melihat peluang Skuad Garuda.

Peluang Lolos Kualiifikasi Putaran Ke-2

Saat ini Indonesia tergabung dalam grup F bersama Irak, Filipina, dan Vietnam. Indonesia mengantongi 7 poin dari total 4 laga yang harus dimainkan. Dengan ini, Indonesia butuh 1 kemenangan lagi untuk bisa lolos ke putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dan pada putaran ke-3 nanti, jika Indonesia mampu menjadi juara grup pada kualitikasi putaran ke-3, itu membuat Indonesia otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Namun langkah Asnawi dan rekan-rekan tidaklah mudah karena masih harus bersaing dengan tim raksasa Asia lainnya. Bahkan Shin-Tae-yong berpendapat “Tidak ada yang bisa dijamin. Saat ini, kami berada di posisi terakhir di antara negara-negara yang bersaing di babak final.”.

Kontrak Hingga 2027 dan Membangun Fondasi Lebih Baik Untuk Sepak Bola Indonesia

Dengan perpanjangan kontrak yang sudah diumumkan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, hal ini membuat Shin-Tae-yong memiliki waktu yang lebih panjang untuk membangun fondasi yang lebih kuat untuk masa depan sepak bola Indonesia. Dengan kehadiran tenaga-tenaga baru dari pemain naturalisasi seperti Thom Haye, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, ini membuat Indonesia memiliki kedalaman skuad yang jauh lebih baik. Masih akan menyusul dua pemain lagi yaitu Calvin Verdonk dan juga MArteen Paes yang dikabarkan sudah bersedia untuk membela Indonesia. Skuad Garuda akan semakin menjadi kekuatan yang menakutkan bagi lawan dengan komposisi pemain yang ada yaitu pemain naturalisasi berdarah Indonesia maupun pemain lokal.

Kekuatan Baru di Benua Asia dan Menjadi Penguasa Asia Tenggara

Permainan yang ditunjukkan saat Piala Asia baik tingkat senior maupun U-23, menunjukkan kualitas Tim Nasional Indonesia sudah lebih baik dari sebelumnya. Banyak publik Indonesia maupun internasional menganggap Indonesia menjadi “Bos Baru” di Asia Tenggara, dan menjadi salah satu kekuatan yang diwaspadai di Asia.

Tdak bisa dipungkiri kehadiran Shin Tae-yong merupakan salah satu andil yang cukup besar pada peningkatan kualitas Tim Nasional Indonesia. Dengan kesabaran serta ketegasannya, ia membangun sepak bola Indonesia menuju tingkat yang lebih baik. Strategi dan permainan yang ditampilkan Indonesia menunjukkan hasil kerja keras Coach Shin dan semua tim staf kepelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *