Tim Nasional Indonesia U-23 Takluk 0 -1 dari Guinea U-23

Indonesia Harus Merelakan Tiket Olimpiade 2024

Tim Nasional Indonesia U-23 Takluk 0 -1 dari Guinea U-23 harus merelakan tiket menuju Olimpiade Paris 2024 setelah kalah melawan Guinea dalam laga play-off. Indonesia tidak mampu membalas gol semata wayang Guinea yang dicetak lewat titik putih oleh Ilaix Moriba. Dengan kekalahan ini, dipastikan Indonesia gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024. Mari kita simak sedikit ulasan yang telah berhasil dikumpulkan oleh INTERBOLABET.

Guinea sempat berpeluang menambah keunggulan di babak kedua, namun eksekusi titik putih dari Algassime Bah gagal dieksekusi dengan baik karena membentur tiang gawang. Dengan kemenangan ini, Guinea berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024, dan tergabung dalam grup A bersama Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Gol Guinea

Gol Guinea tercipta melalui eksekusi penalti dari Ilaix Moriba pada menit ke-29. Berawal dari serangan Guinea yang menusuk langsung ke jantung pertahanan Indonesia, dan Witan Sulaeman melanggar Algassime Bah persis di dalam area kotak penalti. Ernando gagal membaca arah bola yang dieksekusi oleh Ilaix Moriba yang melesat tepat ke tengah gawang.

Pada babak pertama, Indonesia belum mampu menciptakan kreasi serangan yang berbahaya ke area pertahanan skuad Syli Nationale, sehingga Guinea mampu mempertahankan keunggulan sepanjang babak pertama.

Indonesia U-23

Babak Kedua dan Kartu Merah Shin Tae-yong

Skuad Garuda Muda terlihat bermain lebih lepas setelah babak kedua dimulai, terlihat dari penguasaan kontrol bola yang jauh lebih baik yang berhasil ditampilkan. Namun, Guinea masih mampu mengancam pertahanan Garuda Muda saat menit ke-53 melalui Alseny Soumah. Beruntung tidak terjadi gol usai tendangan Soumah berhasil diblok pemain bertahan Indonesia U-23.

Indonesia sebenarnya memiliki peluang pada menit ke-59 melalui Marselino yang berhasil masuk ke dalam pertahanan Guinea. Namun sayang tendangan Marselino masih melebar ke sisi sebelah kiri dari gawang Guinea, sehingga Indonesia gagal menyamakan kedudukan.

Di saat pertandingan memasuki menit ke-72, wasit kembali menunjuk titik putih setelah Dewangga dianggap melanggar di area kotak terlarang.

Keputusan wasit menunjuk titik putih ini sempat menuai protes dari timnas Indonesia, termasuk dari pelatih Shin Tae Yong. Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23 asal Korea Selatan itu bahkan menerima kartu merah dan harus diusir dari pertandingan karena protes kerasnya. Coach Shin Tae Yong mengamuk ke wasit karena Dewangga dinilai melakukan tekel bersih dengan menyapu bola di wilayah pertahanan Indonesia.

Beruntung tidak terjadi gol kedua Guinea, karena eksekusi penalti berhasil digagalkan Ernando yang berhasil menepis tendangan penalti Algassime Bah. Hingga peluit panjang, pertandingan tetap dengan skor 0 – 1 untuk kemenangan Guinea U-23.

Impian yang Tertunda Untuk Indonesia

Dengan kemenangan Guinea atas Indonesia ini, Indonesia dipastikan harus menunda dulu impian akan berlaga di pentas Olimpiade Paris 2024. Guinea berhasil mengunci tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024 atas keberhasilannya mengalahkan Indonesia. Guinea akan tergabung dalam grup A bersama Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Kekalahan tipis 0 – 1 atas Guinea ini memang sangat disayangkan, mengingat satu-satunya peluang Tim Nasional U-23 Indonesia untuk bisa lolos hanyalah mengalahkan Guinea. Tim Nasional U-23 Indonesia nampaknya harus menunda mimpi untuk berlaga di Olimpiade 2024. Kegagalan ini bukanlah sebuah akhir, melainkan sebuah awal dari sebuah perjalanan bagi Indonesia untuk menciptakan banyak sejarah dalam sepak bola. Masih ada Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan Indonesia masih berpeluang besar untuk tampil di pesta sepak bola terbesar di dunia. Semangat terus Garuda!. Tetaplah terbang tinggi dengan gagah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *