Indonesia Berhasil Juara AFF U19 Setelah Mengalahkan Thailand

Timnas Indonesia U-19 berhasil menjadi juara Piala AFF U19 atau ASEAN U-19 Boys Championship 2024 setelah berhasil mengalahkan Thailand U-19. 90 menit penuh berhasil dimenangkan Indonesia dengan skor tipis 1-0 melalui gol Jens Raven pada menit ke-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin. Simak ulasan dari INTERBOLABET selengkapnya.

Keberhasilan ini merupakan gelar kedua Indonesia di ajang Piala AFF U-19. Terakhir kali Indonesia U-19 menjadi juara AFF U19 pada 11 tahun yang lalu, tepatnya pada gelaran 2013 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Kedua tim saling berusaha membaca bentuk permainan pada 10 menit pertama pertandingan. Peluang pertama Indonesia tercipta pada menit ke-13 melalui tendangan Arlyansyah Abdulmanan yang sayangnya masih berhasil diblok bek lawan sehingga laju bola ke gawang melemah.

Satu menit kemudian seletah itu, Thailand mengancam gawang Indonesia hampir membuka gol setelah tendangan Thanawut Phocai mengenai tiang gawang.

Gol Pertama Tim Nasional Indonesia

Senjata mematikan Indonesia yang sejauh ini sangat mematikan, yaitu melalui skema bola mati kembali berhasil dengan baik dan terbukti keampuhannya. Dengan bermula dari sepak pojok Muhammad Kafiatur pada menit ke-17, bola berhasil ditanduk tipis oleh Kadek Arel.

Sundulan Kadek ini kemudian diteruskan oleh Jens Raven yang berdiri di posisi yang tepat dan berhasil mencetak gol keempatnya pada turnamen ini. Dengan gol ini, Indonesia berhasil unggul 1-0 di babak pertama.

Tidak ingin berpuas dengan hanya satu gol saja, Indonesia memburu gol keduanya pada menit ke-28, melalui aksi individu. Aksi Jens Raven ini mampu memberikan ruang untuk menembak. Namun, tendangan striker Indonesia itu masih melambung.

Memasuki menit ke-36, tim nasional Thailand mendapatkan kesempatan untuk menyamakan skor melalui tendangan bebas. Namun, eksekusi tendangan dari Piyawat Petra gagal berbuah gol karena masih digagalkan tiang gawang.

Menjelang akhir babak pertama, Garuda Muda mendapatkan peluang yang sama. Namun, eksekusi dari pemain pengganti Toni Firmansyah masih melebar sehingga mudah diamankan kiper Thailand Kittipong Bunma.

Babak pertama pun berakhir dengan 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Kembali Jadi Raja Asia Tenggara Setelah 11 Tahun

Memasuki babak kedua, Indonesia memasukkan Figo Dennis untuk menggantikan Welber Jardim yang ditarik keluar karena mengalami cedera. Peluang Thailand untuk menyamakan kedudukan tercipta pada 25 menit pertama di babak kedua. Namun tidak ada serangan yang membahayakan gawang Indonesia.

Pelatih Tim Nasional Indonesia U19, Indra Sjafri memasukkan Arkhan Kaka dan Mufdi Iskandar, dan menarik keluar Raven dan Muhammad Mufli Hidayat yang tak sanggup melanjutkan laga karena cedera.

Setelah beberapa pemain pilar di Tim Nasional Indonesia ditarik keluar, tempo permainan Indonesia terlihat menurun. Namun sebaliknya, Thailand yang masih mengincar gol untuk mengimbangi kedudukan terlihat terus menguasai jalannya laga dengan beberapa serangan ke area pertahanan Indonesia.

Namun sayangnya, semua usaha Negeri Gajah Putih masih gagal membuahkan hasil karena tak sanggup menembus pertahanan Indonesia yang solid dan kokoh. Keunggulan 1-0 untuk Indonesia pun mampu bertahan hingga peluit panjang akhir pertandingan dibunyikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *